Pendidikan Anti Korupsi di SMK Negeri 1 Ngawi

Korupsi merupakan penyakit paling akut yang dihadapi bangsa ini. Indonesia tercatat sebagai salah satu negara yang memiliki kasus korupsi yang cukup tinggi di dunia. Hal ini dapat disimpulkan dari hasil pengumuman negara-negara korup yang dikeluarkan oleh Transparency International –sebuah organisasi internasional yang bertujuan untuk memerangi korupsi- pada tahun 2010 yang menempatkan Indonesia di ranking ke-110 dengan IPK (Indeks Presepsi Korupsi)  2,8. Tentu hal ini adalah prestasi yang sangat memprihatinkan.

Korupsi merupakan kejahatan besar dan memiliki dampak negatif yang luar biasa diantaranya, bagi pemerintah : berkurangnya kepercayaan pada pemerintah, berkurangnya kewibawaan pemerintah pada masyarakat, menurunya pendapatan pemerintah, hukum tak lagi dihormati. Sedangkan bagi masyarakat : harga jasa dan pelayanan publik mahal, pengentasan kemiskinan tidak berjalan, akses masyarakat miskin semakin terbatas, proteksi terhadap kelompok kejahatan, desakan pemenuhan kebutuhan hidup yang semakin sempit, solidaritas sosial semakin langka.

Pendidikan anti-korupsi sejak dini adalah salah satu cara strategis dalam menekan Korupsi di Indonesia. Mengingat pendidikan adalah hal yang fundamental dalam membentuk karakter manusia dan bisa menentukan tinggi-rendahnya peradaban yang dibentuknya. Seperti pentingnya pelajaran akhlak dan moral. Pelajaran akhlak penting guna mencegah terjadinya kriminalitas. Begitu halnya pendidikan anti korupsi memiliki nilai penting guna mencegah aksi korupsi. Satu hal yang pasti, korupsi bukanlah selalu terkait dengan korupsi uang. Namun sisi korupsi dapat merambah dalam segala hal bidang kehidupan seperti tenaga, jasa, waktu dan hal lain nya.

 

Adapun kegiatan Pendidikan di SMK Negeri1 Ngawi diantaranya:

1. Sosialisasi Pendidikan Anti Korupsi

2. Penyusunan POS Anti Korupsi

3. Lomba Cerdas Cermat Anti Korupsi

4. Pembuatan Mading Anti Korupsi

5. Pengembangan Website.

Dengan adanya pendidikan anti korupsi, diharapkan beberapa tahun kemudian ketika bibit-bibit calon pemimpin yang kini masih menjadi tunas menjabat bisa menghilangkan kegelisahan masyarakat akan kasus korupsi yang tak kunjung berakhir. Dan Indonesia bisa menjadi salah satu negara di dunia yang bersih dari korupsi.

2 Komentar Untuk "Pendidikan Anti Korupsi di SMK Negeri 1 Ngawi"

  1. bagus says:

    perasaan korupsi udah lama deh di indonesia, sejak jaman belanda indonesia udah kenal yg namanya korupsi. but, saya acungi jempol buat tmn2 smk 1 ngawi yg udah posting berita ini. cb pelajaran ini di implementasikan dalam pelajaran PKn, korupsi v.s pancasila.
    oke, junjung tinggi rasa patriotisme, tanggung jawab, kejujuran lah yg menjadi tolak ukur suatu negara itu bs memberantas korupsi atau tidak. thanks….

    from:
    bagus andreas, SH
    Alumni SMKN 1 ngawi

  2. Zahra says:

    Pendidikan Korupsi memang harus dilakukan sejak dini. dan tentu saja tidak bisa sepihak, tapi harus semua elemen masyarakatnya….
    Semangat…..!!!

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

Web SMKN 1 Ngawi © 2009-2017 SMKN 1 NGAWI | Jl.Teuku Umar No.10 Ngawi, 63211.
%d bloggers like this: