Verifikasi Perangkat Guru SMK N 1 NGAWI

SMK Negeri 1 Ngawi sebagai Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional untuk menjaga mutu proses pendidikan yang dilaksanakan sekolah berpedoman pada Dokumen ISO 9001:2008. Kegiatan Verifikasi Guru ini merupakan rangkaian dari beberapa kegiatan yang tercantum dalam Dokumen ISO sebagai salah satu proses yang terfokus pada penyelenggaraan Dokumen Pembelajaran yang dilaksanakan Guru SMK N 1 Ngawi, terbagi menjadi 2 kelompok guru berdasarkan dari jenis layanan kepada Siswa. Kelompok pertama adalah guru normatif sebanyak 12 orang , guru adaptif sebanyak 29 orang, dan guru produktif pada 5 jurusan sebanyak 25 orang, sedangkan kelompok kedua adalah guru konseling sebanyak 4 orang.

Tujuan Umum : Kegiatan Verifikasi ini dilaksanakan untuk menjaga keberlangsungan Dokumen ISO 9001:2008.
Tujuan Khusus , untuk meningkatkan :
1. Mutu layanan kepada siswa bidang Administratif
2. Mutu layanan kepada siswa bidang Pembelajaran
3. Mutu layanan kepada siswa bidang Penilaian
4. Mutu layanan kepada siswa bidang Pengembangan Diri Guru
5. Mutu layanan kepada siswa bidang Keaktifan Guru

Kegiatan Verifikasi ini dilaksanakan kepada 70 orang guru, dan dibagi menjadi 3 (tiga) tahap, maka disusun jadwal tersendiri yang memerlukan waktu selama tiga minggu mulai tanggal 17 September 2012 s/d 6 Oktober 2012. Mengingat tugas utama dari masing-masing guru adalah pelayanan siswa, maka pelaksanaan Verifikasi menggunakan waktu luang yang tidak mengurangi kualitas dan jam layanan kepada siswa. Pelaksana kegiatan Verifikasi ini ditunjuk tim khusus yang terdiri dari Kepala Sekolah dan Wakasek serta Tata Usaha SMK N 1 Ngawi.

Verifikasi Guru ini selalu berlandaskan azas keadilan, azas obyektif, dan azas kebenaran yang dibuktikan dengan keberadaan dokumen pendukung, dan transparansi penilaian. Dalam setiap proses Verifikasi hasil bisa langsung dilihat di layar LCD, atau bisa diakses oleh guru pada layanan FTP sekolah. Hasil Penilaian dinyatakan dalam skor, yang meliputi : skor 1 adalah kurang, skor 2 menunjukan kecukupan nilai, sedangkan skor 3 bernilai baik, dan skor 4 mewakili nilai Amat Baik.
Berikut hasil proses Verifikasi :

1. KELOMPOK GURU NORMATIF, ADAPTIF, DAN PRODUKTIF

  • Verifikasi Dokumen Administratif, yang meliputi dokumen (1) SK Pembagian tugas, (2) Jadwal Mengajar, (3) Jumlah Jam > 24, (4) Kesesuaian Ijazah.

Grafik diatas menunjukkan bahwa kwalitas layanan pendidikan kepada siswa ditinjau dari kesiapan Dokumen Administratif Guru berada pada skor 4 menunjukkan Amat Baik.

  • Verifikasi Dokumen Pembelajaran, meliputi : (1) Kalender Pendidikan, (2) Program Tahunan dan Program Semester, (3) Pembagian Minggu Efektif dan Rinciannya, (4) Dokumen penetapan KKM, (5) Pemetaan SK dan KD, (6) Daftar hadir siswa dan jurnal kegiatan pembelajaran, (7) Silabus menambah unsur pendidikan karakter dan entepreneur, (8) RPP sesuai Permen No. 41 tahun 2007, (9) RPP memperhatikan prinsip Individu, (10) RPP menggunakan 2 atau lebih metode pembelajaran, (10) RPP dilengkapi dengan pedoman penilaian, rubrik dan kunci jawaban, (11) RPP dalam kegiatan inti terdapat nilai karakter dan entepreneur, (12) Membuat Modul/Rangkuman/Powerpoint sesuai dengan Mapel yang diampu, (13) Memiliki Program tugas terstruktur atau KMTT. Hasil Verifikasi berupa grafik batang berikut :

Dari data grafik diatas dapat dilihat skor Verifikasi untuk kelengkapan dokumen pembelajaran guru rata-rata adalah 3–4, bahkan skor mendekati 4 muncul di beberapa komponen, sehingga layanan kepada siswa dapat dikatakan Amat Baik dengan dukungan kelengkapan dokumen.

  • Verifikasi terhadap kelengkapan dokumen penilaian meliputi : (1) Mempunyai perencanaan Penilaian, (2) Mempunyai Dafatar Nilai, (3) Laporan Hasil Penilaian Akhlak siswa kepada guru pendikan Agama, (4) Melaporkan Hasil Penilaian Kepribadian siswa kepada guru PKn, (5) Menggunakan berbagai teknik penilaian, (6) Memapunayi program tindak lanjut, (7) Mempunyai kisi-kisi soal, (8) Mempunyai analisis hasil ulangan, (9) Analisis Butir Soal, (10) Program pengayaan dan remidi serta hasilnya, (11) Hasil ulangan dikembalikan ke siswa disertai komentar yang mendidik dan tanda tangan orang tua. Hasil Verifikasi kami sajikan dalam grafik batang dibawah :

Verifikasi untuk dokumen penilaian berkisar antara skor 3.27 s/d 3.91, menunjukkan tingkat kelengkapan dokumen penilaian guru mendekati skor Amat Baik.

  • Data yang berkaitan dengan Pengembangan diri guru meliputi : (1) Menguasai IT, (2) Mengikuti kegiatan workshop/diklat/pembelajaran (tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, propinsi), (3) Mempunyai hasil karya tulis ilmiah dalam satu tahun pelajaran, (4) Mempunyai komputer/laptop, (5) Mempunyai media pembelajaran, (6) Mempunyai referensi buku yang sesuai, (7) Mengikuti kegiatan MGMP Kabupaten, (8) Mendapat tugas tambahan lainnya (Wali kelas, Kaur, Pembina OSIS, Kegiatan Extra), (8) Mempunyai program, jadwal, jurnal, dan daftar hadir kegiatan extra, (9) Meningkatkan kualifikasi pendidikan formal, berikut grafik batang hasil Verifikasi pengembangan guru :

Dari grafik diatas diperoleh informasi untuk skor pengembangan guru  dalam hal MKPF(Meningkatkan Kualifikasi Pendidikan Formal) hanya mampu sampai skor 2.95 atau diatas cukup dan mendekati baik, ini didasarkan data guru yang melanjutkan pendidikan ke S2 sebanyak 20 orang dari 70 orang guru, sedangkan skor lainya berkisar pada skor Amat baik.

  • Data Verifikasi Dokumen Keaktifan Diri yang meliputi : (1) Masuk kerja > 90%, (2) Rata-rata hadir > 90% tepat waktu, (3) Berprestasi dan mendapat penghargaan, (4) Membina siswa sesuai mata pelajaran yang diampunya dengan SK, (5) Siswa yang dibina menjadi Juara. Dan hasil Verifikasinya sebagai berikut :

Dari grafik dihalaman sebelumnya dapat dilihat skor keaktifan diri Guru berkisar pada skor Baik.

2. KELOMPOK GURU BIMBINGAN konseling 

  • Dokumen Administrasi guru BK yang meliputi : (1) SK Pembagian Tugas, (2) Jadwal Kegiatan BK, (3) Jumlah siswa yang diasuh, (4) Kesesuaian Ijazah, (5) Kesesuaian Sertifikasi, (6) Peta Kelas, (7) Kartu Konsul (8) Peta Rawan, dan grafik hasil Verifikasi sebagai berikut :

 Dari data diatas kelengkapan dokumen berkisar pada skor Amat baik, dan Baik.

  • Dokumen Layanan guru BK meliputi : (1) Kalender Pendidikan, (2) Prota dan Promes, (3) Pembagian Minggu Efektif dan Rincian, (4) Program pelaksanaan layanan BK, (5) Silabus, (6) RPBK, (7) Jurnal harian, (8) Menambah unsur pendidikan karakter dan entepreneur, (9) Mempunyai agenda kerja, (10) Mempunyai matrik sosiometri, (11) Layanan Sosial, (12) Layanan Informasi dan orientasi, (13) Layanan penempatan dan penyaluran, (14) Layanan konseling perorangan-kelompok-bimbingan kelompok, (15) Mempunyai aplikasi instrumen, himpunan data, konfrensi kasus, kunjungan rumah, alih tangan kasus. Data Verifikasinya sebagai berikut :

Dari data diatas terdapat variasi layanan dari cukup, baik dan Amat baik.

  • Data Verifikasi Dokumen Pendukung Layanan yang meliputi : (1) Mempunyai ruang khusus, (2) Mempunyai buku pribadi siswa, (3) mempunyai daftar hadir siswa, (4) mempunyai program tindak lanjut, (5) Mempunyai kartu catatan konsul, (6) Mempunyai analisis hasil BK, (7) Mempunyai grafik kondisi sosial dll, (8) Mempunyai jaringan ke lembaga diatasnya, (9) Ada Laporan berkesinambungan, (10) Mekanisme penanganan siswa, (11) Grafik nilai Unas, (12) Grafik nilai semester, (13) Data input dan output siswa, (14) Laporan guru ke guru BK, (15) Buku tamu orang tua, (16) Data surat-surat pernyataan, (17) Data kejadian siswa, (18) Kumpulan tatip, (19) Data siswa yang  melanjutkan, (20)

Data siswa yang terlambat, (21) Data jumlah siswa, hasil Verifikasi dapat dilihat dibawah :

Berdasar dari data grafik diatas Layanan BK kepada siswa yang berkaitan dengan Dokumen Pendukung berada pada skor Amat baik, dan beberapa skor mendekati amat baik.

  • Verifikasi berikutnya berkaitan dengan Dokumen Pengembangan Diri yang meliputi : (1) Menguasai IT, (2) Mengikuti kegiatan workshop/diklat/pembelajaran (tingkat sekolah, kecamatan, kabupaten, propinsi), (3) Mempunyai hasil karya tulis ilmiah dalam satu tahun pelajaran, (4) Mempunyai komputer/laptop, (5) Mempunyai media pembelajaran, (6) Mempunyai referensi buku yang sesuai, (7) Mengikuti kegiatan MGMP Kabupaten, (8) Mendapat tugas tambahan lainnya (Wali kelas, Kaur, Pembina OSIS, Kegiatan Extra), (8) Mempunyai program, jadwal, jurnal, dan daftar hadir kegiatan extra, (9) Meningkatkan kualifikasi pendidikan formal, berikut grafik batang hasil Verifikasi pengembangan guru :

Dari grafik data diatas skor untuk dokumen pengembangan diri berada pada kisaran Amat baik, dan Baik.

  • Dokumen Layanan BK yang terakhir berkaitan dengan Dokumen Keaktifan Diri yang meliputi : 1) Masuk kerja > 90%, (2) Rata-rata hadir > 90% tepat waktu, (3) Berprestasi dan mendapat penghargaan, (4) Membina siswa sesuai mata pelajaran yang diampunya dengan SK, (5) Siswa yang dibina menjadi Juara. Dan hasil Verifikasinya sebagai berikut :

 Skor untuk Keaktifan Diri berada diatas Baik dan mendekati Amat baik.

Demikian Hasil skor Verifikasi untuk kelompok guru Normatif-Adaptif-Produktif dan kelompok Guru BK, secara umum skor Verifikasi berada pada tingkat Amat baik, dan banyak yang mendekati amat baik, serta beberapa pada tingkat Baik, sehingga bisa ditarik suatu data umum bahwa layanan guru dalam hal pendidikan kepada siswa di SMK N 1 Ngawi berada pada tingkat Baik.

Semoga kegiatan ini bisa menjadi pemicu proses perbaikan dan peningkatan layanan SMK N 1 Ngawi kepada siswa didik dan dunia pendidikan.

Satu Komentar Untuk "Verifikasi Perangkat Guru SMK N 1 NGAWI"

  1. gemscool says:

    informasi yang sangat berguna sekali bagi kami

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

Web SMKN 1 Ngawi © 2009-3544 SMKN 1 NGAWI | Jl.Teuku Umar No.10 Ngawi, 63211.
%d bloggers like this: