SMKN 1 Ngawi, Barometer SMK Nasional

Radar Ngawi, Gencarnya pengembangan sekolah menengah kejuruan (SMK) selama tiga tahun terakhir membuahkan hasil. SMKN 1 Ngawi yang sudah mengantongi Rintisan Sekolah Bertaraf Internasional (RSBI) dipercaya kementrian pendidikan nasional (Kemendiknas) sebagai sekolah rujukan bagi SMK baru. Yakni pengelolaan bisnis center yang langsung dimotori para siswa sendiri. “Dijadikan barometer tingkat nasional bagi SMK yang baru berdiri. jadi ini suatu kebanggaan tersendiri bagi kami”, terang Abimanyu , Kepala Dinas Pendidikan (Dindik) setempat kepada Radar Ngawi.

Skansa Mart SMKN 1 NGawi

Skansa Mart SMKN 1 NGawi

Bisnis center yang dikembangkan SMKN 1 Ngawi layaknya pengelolaan swalayan modern. barang yang diperjualbelikan melalui seleksi ketat. Begitu pula pengadministrasian sudah menerapkan teknologi informatika. Dalam sehari, omzet menembus 14 juta. “Kalau biasanya gedung sekolah itu hanya disewakan ke pihak ketiga, tidak demikian dengan SMKN 1. Mereka berani untuk mewadahi siswanya dengan bisnis center. Dan, hasilnya bisa diketahui sendiri. Sangat positif sekali, “ ungkapnya.

Tak hanya SMKN 1 Ngawi yang mempunyai keunggulan dalam bidang jasa dan perdagangan, SMKN 2 yang berada di desa kandangan juga mulai membidik aspek tata busana untuk dinomorsatukan. Hasilnya sebagian sudah bisa dipasarkan secara lokal. “yang terpenting ada terobosoan ke arah kreativitas dan inovasi siswa,” jelasnya.

Kata beliau, jenjang SMK merupakan sekolah yang mencetak pelajar mandiri. Mereka sudah dibekali kemampuan praktik dan teori. berbeda dengan SMA yang hanya terfokus pada pendidikan teori saja. belum menyentuh ke praktik praktik di dunia usaha. “SMK itu mencetak lulusan siap kerja. Itu kenapa kami benar-benar menjadikan SMK itu profesional,” urainya.

Untuk menggeliatkan dan mengembangkan SMK, 18-20 Mei mendatang akan di gelar pameran hasil karya anak-anak SMK di alun alun merdeka (Expo SMK Bisa !). Wadah itulah yang akan dijadikan SMK guna menunjukan kreatifitas dan prduuk yang dihasilkan. “ini untuk mempublikasikan dan mensosialisasikan keberadaan SMK. begitupula dengan hasil karyanya, biar nanti masyarakat juga akan ikut merespon positif keberadaan SMK selama ini”, tandasnya.

Sumber: Radar Ngawi (2/5/12)

Satu Komentar Untuk "SMKN 1 Ngawi, Barometer SMK Nasional"

  1. muhammad ulil azmi says:

    alhamdulillah smk terus maju ya

Tinggalkan Komentar

Kirim Komentar

Web SMKN 1 Ngawi © 2009-2018 SMKN 1 NGAWI | Jl.Teuku Umar No.10 Ngawi, 63211.
%d bloggers like this: